Sahabat sebaya,

Masalah utama yang dihadapi mantan pecandu narkoba adalah kurangnya teman dan minimnya aktivitas. Nah, bermain Pokemon Go barangkali bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu saja bila permainan dilakukan dengan mematuhi aturan waktu dan keamanan lingkungan.

Tengok saja pemain Pokemon Go daerah Bekasi yang tergabung dalam wadah Komunitas Pokemon Go Kaskus (POKUS) Bekasi. Supaya acara nge-game jadi positif, para anggota berkumpul dan main bersama. Kegiatan yang merupakan ajang perdana ini dilakukan di Summarecon Bekasi, Minggu (11/9).

“Selama ini banyak orang yang menganggap main Pokemon Go itu lebih besar nilai negatifnya. Nah, makanya kami berkumpul di sini untuk menunjukkan kalau permainan ini juga memberi nilai positif,” ujar Ardhi, salah seorang panitia kopi darat POKUS Bekasi.

Dalam kegiatan yang digelar sekitar pukul 06:00 WIB ini, para anggota diharuskan membentuk grup dan mengikuti mini games yang membuat tubuh bugar. Jadi, ada semacam permainan kecil-kecilan yang melibatkan olahraga fisik sebelum sesi main Pokemon Go dilakukan.

Di sini, anggota dapat saling bersosialisasi satu dengan lainnya. Ini tentu menjadi sebuah terapi bagi mereka yang tak punya, atau jarang sekali bisa berteman.

Selanjutnya, aksi menangkap Pokemon pun dimulai. Anggota POKUS Bekasi menyusuri jalan sepanjang kurang lebih lima kilometer sambil menikmati udara pagi. “Kalau begini, secara otomatis kita jadi olahraga, sesuatu yang mungkin jarang dilakukan para gamer sebelum ada game Pokemon Go,” kata Danu salah seorang member POKUS Bekasi yang bertugas mendampingi penulis.

Menyikapi nilai negatif bermain Pokemon Go seperti terancamnya keselamatan atau kecenderungan untuk kecanduan, member POKUS Bekasi menyikapinya dengan santai. “Waktu game dimulai kita sudah diingatkan untuk sadar lingkungan dan jangan memainkan game ini saat mengemudi. Jadi tinggal dipatuhi saja. Nah, kalau kita mainnya kelamaan, tapi ada
teman di sekitar kita, pasti satu di antara mereka akan mengingatkan kok,” sambung Danu lagi.

Intinya, jadikan Pokemon Go sebagai alat untuk bersosialisasi dengan orang lain. Lebih dari itu, acara jalan dan ngumpul bareng bisa jadi alternatif olahraga yang murah meriah.