Sahabat,

Kegiatan minum obat tentu menjadi kegiatan umum bagi rekan aftercare. Untuk itu, perlu rasanya admin menyajikan artikel ini agar Anda dapat memperoleh khasiat yang optimal dari obat yang dikonsumsi.

Mungkin bagi sebagian dari Anda sudah tahu bahwa minum obat yang baik adalah dengan air putih. Tetapi, ada sebagian lain yang masih minum obat dengan cairan selain air putih seperti teh.

Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa minuman dan makanan yang harus dihindari selama mengonsumsi obat terutama antibiotik. Apa sajakah minuman dan makanan tersebut?

1. Susu dan produk susu

Susu adalah minuman yang harus dihindari saat minum obat. Susu dan produk susu dapat mengganggu efek dari antibiotik yang dikonsumsi selama pengobatan Anda. Antibiotik dapat menjadi penyebab diare, yang merupakan efek samping dari antibiotik, dilansir dari laman Times of India, Kamis (8/12/2016).

2. Alkohol

Alkohol memang tidak diketahui dapat mengganggu efektivitas antibiotik. Namun, alkohol dapat menyebabkan efek samping yang tidak enak seperti pusing dan masalah pencernaan.

3. Zat besi dan suplemen kalsium

Zat besi dan kalsium dapat mengganggu penyerapan antibiotik. Sehingga, sangat dianjurkan untuk memberi waktu setidaknya tiga jam untuk mengatur antara minum antibiotik dan suplemen yang mengandung zat besi dan kalsium.

4. Makanan asam

Makanan yang bersifat asam alami seperti tomat, cokelat, lemon, jeruk bali dan minuman ringan dapat menghambat proses penyerapan antibiotik dan ini memperlambat pemulihan Anda.

5. Makanan tinggi serat

Makanan yang berserat tinggi memang menyehatkan. Namun, makanan ini dikenal memperlambat penyerapan makanan dalam perut yang dapat menunda laju penyerapan antibiotik dalam tubuh.

Sumber: Liputan6