Sahabat,

Kabar gembira datang dari Inggris, khususnya bagi para ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). Baru-baru ini, ilmuwan negeri Ratu Elisabeth itu mulai menciptakan alat pengukur HIV yang digadang-gadang mampu mengukur keberadaan virus dengan cermat dan akurat. Uniknya, alat ini dibuat dalam bentuk USB flash disk!

Proyek ini digagas peneliti dari Imperial College London, bekerjasama dengan perusahaan swasta DNA Electronics dari Amerika. Dikutip dari Reuters, Selasa (15/11), hanya diperlukan setetes darah pasien saja untuk dapat memperoleh hasilnya.

Nantinya, hasil olahan data akan dipancarkan secara elektrik ke komputer atau gawai lain yang terkoneksi dengan USB flash disk. Jadi, check up kandungan HIV akan sama mudahnya dengan memeriksa kadar gula dalam darah.

Salah satu kendala ODHA adalah pengeluaran uang yang cukup besar hanya untuk memeriksakan virus HIV yang beredar di tubuh mereka. Belum lagi penduduk yang tinggal di tempat terpencil dan jauh dari laboratorium pemeriksaan.

“Dengan adanya alat ini, meski masih dalam tahap pengembangan, akan memudahkan penderita HIV mendapat terapi yang sesuai dengan kondisinya,” jelas Graham Cook, salah satu peneliti dari Imperial College.

Pada tahap awal, hasilnya pun cukup memuaskan. USB flash disk pemeriksa HIV ini dapat mencapai nilai akurasi sebesar 95%. Semoga saja alat ini lekas rampung dan dapat dimanfaatkan oleh ODHA dan pihak medis di seluruh dunia.